Review Pantai Goa Cemara: Daya Tarik dan Harga Tiket Masuknya

Sekilas-keindahan-Pantai-Goa-Cemara-Bantul-Yogyakarta

Bingung ingin liburan ke mana saat di Bantul, Yogyakarta? Tenang, ada Pantai Goa Cemara yang memiliki luas sekitar 20 ha dengan rimbunan pohon cemara yang indah. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai tapi juga konservasi penyu. Jadi, kamu tidak hanya sekedar berlibur tapi juga bisa menambah wawasan. Di sini, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan outdoor seperti camping, outbound, susur pantai hingga jelajah dengan ATV. Ingin tahu lebih detail tentang Pantai Goa Cemara? Yuk, lanjut baca.

Sekilas tentang Pantai Goa Cemara

Keindahan Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta (foto: instagram.com/li.s.na/)
Nama PantaiPantai Goa Cemara
LokasiJl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000 per orang.
Rating pantai4.4/5.0 – 15.040 ulasan Google.

Ingin liburan ke pantai di Bantul?Ada Pantai Goa Cemara yang bisa jadi pilihan. Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai di Bantul yang memiliki panorama sunset yang cantik. Maka tak heran jika banyak pengunjung betah sampai sore menunggu terbenamnya matahari.

Selain melihat sunset yang cantik, kamu bisa bersantai-santai di bawah pohon cemara laut di pantai ini. Di pesisir Pantai Goa Cemara terdapat deretan pohon cemara rindang yang tumbuh di area pantai seluas 20 ha. Tidak hanya itu, di pantai yang berada di tengah-tengah Pantai Pandansari dan Pantai Patihan ini memiliki terowongan unik. Terowongan buatan ini terbuat dari ranting cemara dan biasanya menjadi spot foto oleh para wisatawan.

Apa itu saja yang menarik? Tidak. Pantai yang memiliki pasir berwarna hitam dan ombak yang besar ini cocok untuk kamu menikmati sunset. Pantai yang bisa dikunjungi bersama keluarga, teman, sendiri atau bahkan komunitas ini juga punya beberapa data tarik, seperti:

  • Penyewaan wahana seperti ATV dan berkuda.
  • Adanya acara tahunan kirab budaya yang biasanya diadakan setiap tanggal 1 Muharram di balai Dusun Patihan.
  • Konservasi Penyu yang diselenggarakan oleh kelompok Konservasi Penyu Mino Raharjo.
  • Lokasi outbound yang luas.

Tidak jauh dari pantai, terdapat mercusuar yang menjadi salah satu bangunan ikonis di Pantai Goa Cemara. Dari mercusuar, kamu bisa menikmati panorama pantai dengan lebih leluasa. Namun, hanya 2 orang saja yang dalam 1 waktu yang boleh naik ke mercusuar dan kamu perlu membayar Rp5.000.

Apakah bisa berenang di Pantai Goa Cemara? Sayangnya tidak. Pantai Goa Cemara termasuk deretan pantai di laut selatan yang memiliki ombak besar sehingga tidak disarankan untuk berenang. Sebagai gantinya, kamu bisa bermain pasir, camping, outbound, bermain layang-layang di area pantai atau piknik.

Jadi, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Goa Cemara?

Rute ke Pantai Goa Cemara

Bagaimana dengan aksesnya? Akses ke Pantai Goa Cemara cukup baik dan cukup luas. Karena itu, kamu tidak perlu cemas karena jalannya bisa dilewati oleh kendaraan pribadi hingga bus.

Jika kamu hendak ke sini, ada beberapa rute yang bisa kamu tempuh, yaitu:

Daya Tarik Pantai Goa Cemara

Memangnya, apa sih yang menarik dari Pantai Goa Cemara? Bukankah pantai ini memiliki ombak yang besar?

Sesuai namanya, Pantai Goa Cemara memiliki kawasan pantai yang rindang. Di tempat ini, kamu akan bisa menemukan pepohonan cemara yang membuat suasana pantai menjadi lebih sejuk. Tidak hanya itu saja, Pantai Goa Cemara memiliki deretan daya Tarik yang sayang sekali kalau kamu lewatkan, yaitu:

1. Konservasi penyu

Di Pantai Goa Cemara terdapat konservasi penyu yang bisa kamu kunjungi. For your information, Kondisi tersebut cocok untuk perkembangan penyu terutama untuk bertelur.

Pantai Goa Cemara memiliki tekstur pantai stabil, tebal dan tidak bercampur dengan tanah dan berbatuan karang. Tidak hanya itu, kondisi pantai yang landai dan memiliki banyak pohon cemara sehingga bisa menjadi pelindung dari angin kencang.

Di penangkaran penyu yang ada di Pantai Goa Cemara, kamu bisa mempelajari seluk beluk tentang cara penangkaran. Kalau kamu beruntung, kamu bisa ikut melepasliarkan penyu dari penangkaran ke laut lepas.

2. Mercusuar

Di area Pantai Goa Cemara terdapat mercusuar. Bangunan yang memiliki tinggi sekitar 40 meter ini menjadi patokan atau bagi para nelayan untuk kembali ke daratan. Tidak hanya itu, dari atas mercusuar, kamu bisa melihat hamparan Pantai Goa Cemara.

Kalau kamu tertarik untuk naik ke mercusuar, kamu harus membayar dulu sebesar Rp5.000 per orang. Untuk sekali naik hanya boleh dilakukan oleh 2 orang saja. Jadi, kamu harus antri ya.

3. Kirab budaya

Setiap tahunnya, di Dusun Patihan yang dekat dengan Pantai Goa Cemara, diadakan kirab budaya. Acara kirab ini diselenggarakan setiap tanggal 1 Muharram pukul 09.00.

Saat acara kirab, kamu akan mendapati patung kambing kendhit yang merupakan syarat atau ubarampe. Kambing gendhit merupakan kambing dengan garis putih yang mengelilingi area perut atau pethuk atau songsong. Tidak hanya kambing kendhit, saat kirab, akan disertai juga arak-arakan hasil bumi sebagai simbol kemakmuran penduduk.

4. Penyewaan wahana dan kolam renang anak

Siapa bilang di Pantai Goa Cemara hanya bisa bermain pasir? Di sini, ada penyewaan wahana, kuda dan kolam renang anak.

Kamu bisa menyewa ATV, jip hingga kuda untuk berkeliling pantai. Ada juga kolam renang yang bisa menjadi sarana berenang dan penyewaan ban pelampung. Dengan begitu, anak-anak tetap bisa berenang dengan aman dan nyaman di Pantai Goa Cemara. 

5. Banyaknya spot foto

Ada banyak spot foto yang bisa kamu temukan di Pantai Goa Cemara. Mulai dari ayunan yang ada di bibir pantai hingga di bagian tulisan Pantai Goa Cemara.

Ingin yang lebih alami? Ada.

Kamu bisa berfoto dengan sunset sebagai latar belakangnya. Ada juga bagian rimbunan pohon cemara dan tanaman yang menjalar seperti katang di tanah yang bisa jadi opsi lainnya. Jadi, ingin berfoto juga di Pantai Goa Cemara?

Fasilitas wisata di Pantai Goa Cemara

Untuk menunjang kegiatan wisata kamu, pengelola Pantai Goa Cemara menyediakan berbagai fasilitas yang bisa pengunjung manfaatkan. Mulai dari toilet hingga kolam renang anak.

Di Pantai Goa Cemara terdapat fasilitas umum yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

  • Toilet dan kamar mandi
  • Musala
  • Area parkir luas
  • Warung makan
  • Fasilitas ramah difabel
  • Toko oleh-oleh dan suvenir
  • Tempat sampah

Kalau kamu bosan, ada fasilitas hiburan yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

  • Penyewaan wahana seperti ATV
  • Kolam renang
  • Panggung kesenian

Itu saja? Tidak. Di Pantai Goa Cemara menyediakan fasilitas, seperti:

  • Kantor sekretariat
  • Pos keamanan terpadu
  • Camping ground

Sebagai catatan, jika kamu ingin melakukan camping baik sendiri atau bersama kelompok, kamu perlu melakukan  reservasi di kantor secretariat.

Lalu, bisakah melakukan pengisian daya untuk kamera atau ponsel? Bisa.

Di bangunan seperti panggung kesenian sudah disediakan stop kontak. Kamu bisa melakukan charging di situ dan free. Namun, bisa saja kamu dimintai bayaran jika kamu melakukan charging di warung atau tempat warga atau karena perubahan peraturan.

Spot foto cantik di Pantai Goa Cemara

Banyak spot foto yang bisa kamu jadikan sebagai background agar jepretan kamu menjadi lebih cantik. Mulai dari area rimbunan cemara dan katang, terowongan dari ranting cemara hingga tulisan iconic Pantai Goa Cemara seperti berikut.

Spot-foto-ikonis-di-Pantai-Goa-Cemara-2
Spot foto ikonis di Pantai Goa Cemara (foto: instagram.com/ericasasono/)
Spot foto kawasan pepohonan cemara di Pantai Goa Cemara (foto: instagram.com/fithri.maya/)
Spot foto di terowongan kayu Pantai Goa Cemara (foto: instagram.com/agnes.sibela/)
Pantai Goa Cemara view Drone (foto: instagram.com/aerialofindonesia/)
Suasana senja di Pantai Goa Cemara (foto: instagram.com/fotodarihilman/)

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Tidak sedikit pengunjung yang berlibur di objek wisata tanpa mengecek informasi seperti tiket masuknya. Lalu, sampai di objek wisata merasa kaget karena HTM-nya lebih mahal dari perkiraan dan akhirnya harus putar balik. Kamu tidak ingin kan mengalami hal itu?

Karena itu, kamu perlu mengecek biaya yang akan kamu keluarkan seperti HTM ketika kamu liburan di Pantai Goa Cemara. Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Pantai Goa Cemara:

Harga tiket masukRp10.000
Biaya parkirRp3.000 (motor), Rp5.000 (mobil), Rp10.000 (mobil jika menginap), Rp15.000 (bus)
Biaya makanRp10.000—RpR55.000
Biaya minumRp5.000—Rp20.000
Biaya foto di spot premium (jika ada)Rp150.000 (foto pre-wedding)
Biaya sewa pendopo atau panggung kesenianRp300.000
Biaya sewa ATVRp50.000
Biaya masuk kolam renang anakRp10.000
Biaya guideRp100.000
Biaya naik mercusuarRp5.000
Biaya ke toiletRp2.000

“Jadi, berapa biaya yang harus saya keluarkan jika saya ke Pantai Goa Cemara dengan motor?”

Setidaknya, kamu perlu membawa uang sebesar Rp50.000 per orang. Biaya tersebut untuk HTM (Rp10.000), parkir (Rp3.000), biaya toilet (Rp2.000), makan (Rp10.000) dan minum (5.000) dengan harga termurah.

Perkiraan biaya tersebut bisa berbeda untuk setiap orang terutama jika kamu wisata di sini dan mengajak anak. Jika kamu mengajak anak, setidaknya, kamu perlu membawa setidaknya Rp60.000 untuk ke kolam renang, penyewaan wahana atau jajan. Jadi, total kamu perlu membawa setidaknya Rp110.000.

5 kelebihan Pantai Goa Cemara

Masing-masing pantai memiliki plus minus-nya tersendiri. Seperti halnya di Pantai Goa Cemara. Setidaknya ada 5 kelebihan yang akan kamu temukan di pantai ini, yaitu:

  • Adanya tempat konservasi penyu

Ada tempat konservasi di sebelah barat area parkir Pantai Goa Cemara. Di sini, kamu bisa melihat atau belajar bagaimana sih cara konservasi yang tepat. Kamu juga akan mendapatkan pengetahuan tentang penyu seperti penyu hijau. Dengan begitu, kamu bisa lebih aware dengan kondisi dan jumlah tukik yang ada saat ini.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa ikut untuk melepasliarkan tukik ke lautan. Pengalaman berharga ini sayang sekali kalau kamu lewatkan.

  • Ada mercusuar

Tidak semua pantai yang ada di pantai selatan memiliki mercusuar dan Pantai Goa Cemara adalah pengecualian. Kamu akan menemukan bangunan setinggi 40 meter ini dan naik untuk melihat panorama Pantai Goa Cemara dengan lebih leluasa.

  • Area pepohonan yang luas dan sunset yang indah

Pantai Goa Cemara memiliki luas sekitar 20 ha. Dengan area pantai yang cukup luas, pantai ini memiliki banyak pohon cemara. Ini karena sejak 2013, pengelola sudah menerapkan program untuk penanaman pohon cemara agar kebun warga terlindungi dari gelombang laut.

Banyaknya pohon cemara dan tumbuhan katang, membuat area sekitar pantai menjadi lebih rimbun dan memiliki angin yang sejuk. Karena itu, kamu bisa lebih santai dan tidak kepanasan saat piknik.

Kalau kamu datang saat sore hari, kamu bisa menikmati keindahan sunset. Kamu bisa berfoto atau sekedar berpiknik dan menikmati suasana saat sore hari di Pantai Goa Cemara.

  • Cocok untuk camping dan outbound

Pantai Goa Cemara tidak hanya luas tapi juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi hingga panggung kesenian.

Adanya panggung kesenian ini cocok untuk kamu yang ingin mengadakan acara bersama dengan komunitas ataupun keluarga. Kamu juga bisa memanfaatkan camping ground. Di sini, kamu tidak hanya bisa menggunakannya untuk camping atau sekedar menggelar hammock tapi juga melakukan outbound.

Jika kamu ingin melakukan kegiatan tersebut, seperti camping, maka kamu melakukan reservasi dan konfirmasi ke sekretariat.

  • Adanya kantor sekretariat dan pos keamanan terpadu

Terdengar sederhana tapi adanya kantor sekretariat ini akan sangat membantu kamu saat menemukan masalah. Misalnya, kamu ingin melakukan kunjungan ke konservasi penyu saat pelepasan tukik, maka kamu bisa bertanya ke bagian sekretariat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan reservasi untuk camping di sekretariat agar kamu tidak kehabisan tempat.

Tidak hanya itu, di Pantai Goa Cemara juga terdapat pos keamanan terpadu. Kamu bisa langsung melapor ke sini jika terjadi sesuatu ketika kamu liburan di pantai, misalnya tersengat ubur-ubur beracun. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut dan terhindar dari masalah yang lebih serius.

5 kekurangan Pantai Goa Cemara

Nothing is perfect dan begitu pula saat kamu liburan di Pantai Goa Cemara. Ada beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan saat liburan di Pantai Goa Cemara, di antaranya:

  • Ombak yang cukup besar

Pantai Goa Cemara termasuk sebagai salah satu pantai yang ada di deretan selatan dan salah satu cirinya adalah ombaknya yang cukup besar. Karena itu, jika kamu liburan ke Pantai Goa Cemara, kamu tidak diperkenankan untuk bermain air atau berenang di laut.

  • Terdapat ubur-ubur beracun

For your information, ada ubur-ubur beracun di pantai yang ada di Bantul dan salah satunya ada di Pantai Goa Cemara. Bentuknya yang menarik dengan tubuh transparan dan rumbai biru membuat banyak orang tertarik.

Sayangnya, ubur-ubur ini tidak hanya bisa kamu temukan di laut tapi juga di pantai karena hewan Scyphozoa ini terseret ombak. Jika kamu menyentuh atau tidak sengaja menyentuh, kamu akan merasakan gatal hingga sesak nafas. Karena itu, kamu perlu hati-hati jika kamu liburan di Pantai Goa Cemara.

  • Sampah yang berserakan

Tempat sampah menjadi salah satu fasilitas yang bisa kamu temukan di Pantai Goa Cemara. Sayangnya, masih banyak pengunjung nakal yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Alhasil, sampai berserakan dan membuat pantai menjadi kotor.

  • Terlalu ramai saat weekend dan hari libur

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai terkenal di Yogyakarta. Banyak daya tarik yang bisa kamu temukan di sini. Tidak sedikit masyarakat baik dari Jogja ataupun luar Jogja yang datang untuk liburan ke sini. Karena hal tersebutlah, Pantai Goa Cemara memiliki banyak pengunjung terutama saat hari libur dan weekend.

Kondisi tersebut tentu kurang tepat untuk kamu yang ingin refreshing dan menyendiri dari hiruk pikuk kota. Jikalau kamu tetap ingin ke Pantai Goa Cemara, kamu bisa datang saat weekday dan datang lebih pagi saat pantai sepi.

  • Bau yang kurang enak

Di Pantai Goa Cemara memang sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet yang bisa dipergunakan oleh pengunjung. Sayangnya, tidak sedikit yang kemudian mengambil jalan pintas dengan buang air kecil sembarangan. Karena hal tersebut, di beberapa bagian, kamu akan mencium bau pesing yang mengganggu dan bisa membuat kamu tidak nyaman.

Kesimpulan

Di Pantai Goa Cemara kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil piknik atau bahkan mempelajari konservasi penyu. Apalagi, dengan harga tiket yang murah, kamu bisa menikmati banyak fasilitas seperti toilet hingga panggung kesenian dan camping ground. Jadi, tertarik untuk liburan ke Pantai Goa Cemara saat liburan nanti? Atau kamu sudah pernah liburan ke sini? Kalau iya, tuliskan pengalaman kamu di kolom komentar ya. Selamat liburan!

0 Shares:
You May Also Like