7 Tempat Wisata Terbaik di Lampung Timur yang Paling Hits (2022)

Tempat-Wisata-Terbaik-di-Lampung-Timur

Lampung Timur merupakan provinsi paling ujung di Lampung. Lampung Timur terkenal dengan destinasi pantainya yang menawan. Namun, tak hanya itu, lho, faktanya ada banyak tujuan wisata lain di Lampung Timur yang tak kalah menarik. Mulai dari wisata alam, taman nasional, hingga wisata sejarah. Jika kamu bermaksud rekreasi ke daerah Lampung Timur, kami punya rekomendasi menarik untuk kamu. Penasaran? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Lampung Timur:

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur (foto: instagram.com/tamannasionalwaykambas/)
LokasiRaja Basa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur (cek di Google Map)
Jam BukaSetiap hari, 08.00 –18.00 WIB
Harga Tiket MasukRp7.000 per orang
Rating objek wisata4.3/5 dari 4,471 ulasan Google

Destinasi pertama ini pasti sudah tak asing lagi di kalangan para traveler. Ya, Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat yang wajib banget dikunjungi kalau kamu ke Lampung Timur. Meski terkenal dengan Gajahnya, sebenarnya ada banyak satwa liar Pulau Sumatera yang bisa kamu lihat di Taman Nasional Way Kambas.

Di Way Kambas, ada sekitar 300 Gajah, sehingga ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama hewan besar ini. Mulai dari melihat dan feeding (memberi makan) dari dekat, berinteraksi langsung, melihat atraksi gajah, hingga menunggangi gajah tersebut. Nah, bagi yang ingin merasakan sensasi menaiki punggung Gajah, kamu cukup membayar Rp20.000 untuk satu kali putaran sejauh 50-100 meter. Satu Gajah biasanya dinaiki oleh 2 orang plus satu pawang.

Taman yang berupa area perhutanan luas ini merupakan wisata family-friendly sekaligus edukatif. Selain bisa melihat berbagai satwa, ada area outbound mini dan taman bermain anak yang bisa dikunjungi. Jalan akses menuju Way Kambas sudah diaspal dan mulus. Jadi, tak perlu takut terkena macet di jalan ya!

2. Pantai Kerang Mas

Pantai Kerang Mas, Lampung Timur (foto: instagram.com/pantaikerangmasofficial/)
LokasiDesa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp10.000 per orang
Rating objek wisata4.0/5 dari 1.354 ulasan Google

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Lampung Timur selanjutnya adalah Pantai Kerang Mas. Pantai Kerang Mas merupakan salah satu pantai terindah di Lampung Timur yang masuk ke dalam daftar wisata terfavorit di Lampung.

Pantai ini sangat strategis karena bisa dijangkau kendaraan apa pun dari Jalan Lintas Sumatera. Kerang Mas menjadi destinasi yang tak boleh kamu lewati, karena ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini.

Kerang Mas merupakan pantai yang mirip dengan Ancol. Lautnya tenang, minim ombak (cocok untuk wisata anak), tapi pengunjung tetap merasakan semilir angin pesisir yang sejuk. Pasir pantai ini memang tidak sebersih pantai kawasan barat dan selatan, namun pasirnya tetap lembut. garis pantainya panjang, dengan bibir pantai yang agak sempit dan kemiringan yang tinggi.

Di sepanjang tepian pantai terdapat deretan gazebo yang bisa dinikmati secara gratis, ada juga yang berbayar. Fasilitas pantai juga cukup lengkap, mulai dari kamar mandi bilas, toilet, warung, tempat persewaan ban dan pelampung, serta musala. Area parkir di sekitar pantai juga luas dan bisa menampung banyak kendaraan.

Kerang Mas sangat cocok dijadikan sebagai destinasi piknik keluarga. Karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai, serta tempat istirahat yang sangat memadai. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan saat berwisata ke Pantai Kerang Mas:

  • Berenang
  • Bermain pasir
  • Menikmati panorama laut di bawah payung pantai
  • Berperahu di sekitar bibir pantai
  • Bermain perahu karet
  • Menikmati berbagai wahana air

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini, menarik bukan kalau bisa mengunjungi pantai ini sambil menghabiskan waktu liburan?

3. Danau Kemuning

Danau Kemuning, Lampung Timur (foto: instagram.com/arifin_gustian_pramoko/)
LokasiSri Menanti, Kec. Bandar Sribawono, Kabupaten Lampung Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp5.000 per orang
Parkir motor: Rp5.000
Parkir mobil: Rp10.000
Rating objek wisata4.2/5 dari 389 ulasan Google

Danau Kemuning awalnya digunakan untuk irigasi persawahan. Namun, karena area Danau Kemuning mempunyai pemandangan yang indah, sejuk dan pepohonan rimbun di sekitarnya, tempat ini dijadikan sebagai objek wisata.

Danau ini tak hanya indah pemandangannya saja, tetapi airnya bersih dan jernih dengan berbatuan di bagian dasarnya. Bagian pinggir danau dipenuhi berbatuan besar yang digunakan sebagai talenan mencuci.

Danau Kemuning ini dibagi menjadi dua bagian, bagian dengan kedalaman rendah digunakan sebagai tempat berenang. Sedangkan bagian yang lebih dalam adalah area memancing dan tempat bermain sepeda air. Dua area ini dipisahkan oleh jembatan (yang berada di atas danau).

Fasilitas yang tersedia di Danau Kemuning

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi
  • Tempat persewaan ban
  • Sepeda air karakter

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia di Danau Kemuning, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti:

  • Berenang
  • Bermain perahu air
  • Memancing
  • Minum kopi sambil menikmati pemandangan
  • Berselfie dengan latar alam yang indah

Danau Kemuning bisa dijangkau dari berbagai daerah di Lampung, seperti Metro, Bandar Lampung dan Bakauheni. Sayang, akses jalan menuju wisata ini masih banyak yang rusak dan belum diperbaiki. Sehingga, kalau mau berwisata ke sini harus ekstra hati-hati, ya guys!

4. Situs Purbakala Pugung Raharjo

Situs Purbakala Pugung Raharjo, Lampung Timur (foto: instagram.com/ariyasmo/)
LokasiDesa Pugung Raharjo, Kec. Sekampung Udik, Lampung Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00—17.00
Harga Tiket MasukWeekdays: Rp.8.000/orang
Weekends: Rp10.000/orang
Rating objek wisata4.3/5 dari 384 ulasan Google

Bosan dengan wisata yang bernuansa alam? Situs Purbakala Pugung Raharjo bisa menjadi pilihan wisata lain yang anti-mainstream. Peninggalan sejarah yang berlokasi di Pugung Raharjo, Sekampung Udik ini sudah ada dari zaman batu atau zaman megalitikum. Situs ini ditemukan oleh masyarakat transmigran pada tahun 1957, saat akan dilakukan pembukaan lahan baru.

Kompleks Situs Pugung Raharjo ini memiliki luas kurang lebih 25 hektar. Bagi kamu para pencinta sejarah, kamu wajib banget datang ke sini. Ada banyak jenis peninggalan dari masa prasejarah, klasik (Hindu-Budha), hingga masa Islam. Beberapa fitur bangunan yang bisa dilihat di Situs Pugung Raharjo adalah benteng dan parit artifisial, batu berlubang, punden berundak, batu bergores, lumpang baru, dan batu kandang (batu mayat).

Saat masuk ke dalam situs Pugung Raharjo ini, kamu akan disambut suasana yang sejuk, dan teduh. Situs ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Di situ ini terdapat rumah berbentuk museum yang bisa memberikan informasi lengkap tentang Situs Pugung Raharjo. Ada pula diorama-diorama yang berisi peninggalan sejarah, pengunjung bisa melihat diorama ini dari balik kaca.

5. Taman Sukadana

Taman Sukadana, Lampung Timur (foto: direktoripariwisata.id/)
LokasiJl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera No.16, Muara Jaya, Kec. Sukadana, Kabupaten Lampung Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp.0.00
Rating objek wisata4.2/5 dari 127 ulasan Google

Berikutnya, ada Taman Islamic Centre Sukadana atau dikenal dengan nama Taman Sukadana. Berlokasi di Jl. Lintas Pantai Timur, Muara Jaya, Taman Sukadana ini menjadi tempat berkumpul dan rekreasi masyarakat Sukadana.

Lokasi taman ini mencapai 1 hektar, mencakup masjid, asrama haji, dan berbagai sarana pendukung lainnya.

Untuk bisa masuk dan bermain ke taman, kamu tak perlu mengeluarkan biaya apa pun, karena tidak dipungut biaya.

Taman ini bisa dikunjungi setiap hari dan buka selama 24 jam. Untuk kamu yang hobi jogging sambil mengabadikan momen, Taman Sukadana ini bisa menjadi destinasi yang pas. Karena, ada banyak sekali spot Instagramable.

Selain sebagai tempat olahraga outdoor, ada taman bermain yang bisa dipakai untuk bermain anak. Jadi, tempat ini cocok untuk liburan bareng keluarga tercinta.

6. Wisata Hutan Mangrove

Wisata Hutan Mangrove, Lampung Timur (foto: Irvan Trianggoro)
LokasiSri Minosari, Kec. Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.30—17.00
Harga Tiket MasukRp5.000 per orang
Rating objek wisata4.1/5 dari 107 ulasan Google

Jika kamu mencari wisata dengan suasana adem dan sejuk di Lampung Timur, Wisata Hutan Mangrove Sriminosari bisa jadi pilihan tepat. Hutan Mangrove ini berlokasi di Desa Sriminosari, Lampung Timur –jaraknya sekitar 77 kilometer dari Kota Bandar Lampung.

Hamparan Mangrove yang hijau dan akar-akarnya yang rimbun menunjukkan bahwa kawasan hutan ini terkelola dengan sangat baik. Pengunjung bisa berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu. Sembari menyusuri trek, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan pohon bakau yang tumbuh rapat.

Tak hanya di kawasan hutan mangrove saja, lintasan trek juga berdiri di atas air laut yang tak terlalu dalam. Sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan pondokan untuk tempat istirahat dan juga mengambil gambar. Spot ini sangat cocok untuk kamu yang senang berswafoto. Saat pulang dari Hutan Mangrove ini, kamu bisa membeli ikan segar dan ikan asin sebagai oleh-oleh.

Jam operasional Hutan Mangrove ini adalah pukul 07.30 -17.00 setiap hari. Adapun untuk tiket masuk, kamu cukup membayar Rp5.000 saja. Sebagai catatan, Hutan Mangrove akan sangat ramai di saat weekend dan libur nasional, terutama saat libur lebaran. 

7. Puncak Pawiki

Puncak Pawiki, Lampung Timur (foto: instagram.com/wisata_lampungme/)
LokasiGiri Kelopo Mulyo, Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, Lampung (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 08.00—18.00
Harga Tiket MasukRp5.000 per orang
Rating objek wisata4.1/5 dari 69 ulasan Google

Rekomendasi tempat wisata di Lampung Timur yang terakhir adalah Puncak Pawiki. Puncak Pawiki merupakan objek wisata di atas bukit desa Giri Kelopo Mulyo, Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur. Lokasinya relatif mudah diakses dengan motor maupun mobil. Jadi, kamu nggak perlu takut nyasar kalau ke sana.

Setelah kamu tiba di lokasi, kamu akan dikenakan tarif retribusi yang relatif murah. Dan setelahnya, kamu perlu berjalan menapaki jalanan menanjak untuk sampai ke atas bukit.
Di atas bukit ini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang memesona. Kamu bisa melihat hamparan lembah nan hijau dan permai. Pemancangan langit yang indah dan berawan. Dan kamu bisa berfoto diberbagai spot foto cantik yang disediakan oleh pengelola.

Beberapa spot foto cantik yang ada di Puncak Pawiki, di antaranya:

  • Anjungan kapal
  • Rumah pohon
  • Bangku Bambu
  • Pintu Langit
  • Tangan raksasa
  • Ornamen bintang

Selain untuk bersantai dan berswafoto, Puncak Pawiki juga menawarkan wisata camping yang asyik. Di mana, biasanya muda-mudi di sekitar sini, sering camping untuk menikmati sunset dan sunrise di sini. Pemandangan sunset dan sunrise di Puncak Pawiki sangat cantik.Nggak heran, jika banyak campers ingin melihatnya.

So, kapan kamu mau mengajak teman-temanmu berwisata ke sini? Weekends besok ya? Setuju. Hehe.

Akhir kata, Lampung Timur mempunyai tempat-tempat wisata yang bisa memanjakan mata sekaligus tempat healing. Kebanyakan dari tempat tersebut merupakan wisata alam yang terawat dengan baik oleh pemerintah. Nggak heran, kalau banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Lampung Timur untuk menghabiskan waktu liburannya.

0 Shares:
You May Also Like