7 Tempat Wisata Terbaik di Pesisir Barat Lampung (Terhits 2022)

Tempat-Wisata-Terbaik-di-Pesisir-Barat-Lampung

Bagi yang ingin menjelajahi tempat wisata alam, pesisir barat Lampung bisa menjadi alternatif terbaik. Ada banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi, mulai dari taman nasional, pantai, hingga gua. Semua tempat ini tentunya akan membawamu lebih dekat dengan alam.

Terlebih, pesona dari masing-masing tempat tersebut sangat mengagumkan, tentu saja akan sayang jika dilewatkan begitu saja. Bagi kamu yang lagi liburan di Pesisir Barat Lampung, kami punya rekomendasi menarik nih. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Pesisir Barat Lampung yang wajib masuk dalam list destinasi liburanmu.

1. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Pesisir Barat, Lampung (foto: instagram.com/masdaus20/)
LokasiKabupaten Pesisir Barat, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 07.30-16.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Rating objek wisata4,4/5.0 – 3.043 ulasan Google

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan atau sering disingkat menjadi TNBBS adalah taman nasional yang difungsikan untuk melindungi hutan hujan tropis Pulau Sumatra. Di sini, pengunjung bisa menjumpai berbagai macam binatang yang hampir punah, contohnya gajah, harimau, beruang madu, tapir, siamang, penyu sisik, simpai, dan badak. Adapun untuk jenis tumbuhannya, pengunjung bisa menemukan mulai dari pidada, cemara laut, pandan, cempaka, meranti, rotan, ramin, damar, sampai bunga raflesia.

Dengan keanekaragaman flora dan faunanya, TNBBS bisa menjadi alternatif destinasi liburan yang sarat akan edukasi. Jadi, sangat cocok apabila membawa anak kecil karena bisa sekaligus mengenalkan mereka tentang keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, khususnya Sumatra dan mengajarkan mereka untuk melestarikannya.

Selain memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, TNBBS ini juga memiliki sebuah danau bernama Menjukut. Danau ini berbatasan langsung dengan laut lepas Samudra Hindia. Daya tarik dari danau ini adalah bentuknya yang mirip dengan kolam renang dengan ukuran sangat luas dan letaknya yang tidak jauh dari garis pantai.

Dari Lampung Barat, taman nasional ini terbilang tidak terlalu jauh, yakni sekitar 25 km. Kamu bisa melalui rute Jl. Lintas Liwa dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit.

2. Pantai Labuhan Jukung Krui

Pantai Labuhan Jukung Krui, Pesisir Barat (foto: instagram.com/goenanto/)
LokasiKp. Jawa, Kec. Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp5.000
Parkir mobil: Rp10.000
Rating objek wisata4,5/5.0 – 1.830 ulasan Google

Berkunjung ke kawasan pesisir barat Lampung akan terasa kurang kalau tidak mengunjungi pantai. Salah satu pantai yang bisa jadi alternatif adalah pantai Labuhan Jukung Krui.

Pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan, bahkan menjadi salah satu terbaik di antara banyak pantai di pesisir barat Lampung lainnya. Untuk masuk ke lokasi juga tidak dipungut biaya, pengunjung hanya diwajibkan untuk membayar parkir jika menggunakan kendaraan sendiri.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini sekadar untuk menikmati pemandangan laut atau momen matahari terbit dan terbenam. Namun, tak sedikit pula yang datang untuk melakukan aktivitas menantang, yaitu surfing karena ombak di sini terkenal besar. Waktu terbaik untuk melakukan surfing di sini adalah di antara bulan April–September di mana titik ombak sedang tinggi-tingginya.

Pantai ini memiliki banyak tempat duduk di sekelilingnya. Pengunjung bisa bersantai di situ tanpa membayar biaya sewa. Pantai Labuhan Jukung ini juga bisa jadi destinasi wisata kuliner. Menu andalan yang menjadi ciri khas dari tempat ini adalah Nasi Uduk.

Namun, nasi uduk di sini berbeda dari nasi uduk Jakarta. Nasi Uduk khas Krui tidak menggunakan daging ayam sebagai lauknya, tetapi ikan tuhuk yang merupakan hasil laut dari kawasan pesisir Krui. Selain sebagai lauk pelengkap nasi uduk, olahan lain dari ikan tuhuk juga bisa kamu temukan di kawasan Pantai Labuan Jukung.

3. Pantai Mandiri

Pantai Mandiri, Pesisir Barat (foto: instagram.com/kruitourism/)
LokasiBalai Kencana, Kec. Krui Sel., Kabupaten Pesisir Barat, Lampung  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000–Rp10.000/kendaraan
Rating objek wisata4,4/5.0 – 261 ulasan Google

Pantai Mandiri merupakan salah satu pantai terbaik di Pesisir Barat, Lampung yang tidak memiliki karang sama sekali. Untuk itu, Pantai Mandiri memiliki pesonanya sendiri dan berbeda dengan pantai di Pesisir Barat lainnya.

Karena Pantai Mandiri tidak memiliki batuan karang maka pantai ini sangat cocok untuk berenang ataupun berendam. Wisatawan sangat menyukai aktivitas tersebut saat rekreasi di sini. Meski begitu, tetaplah hati-hati karena Pantai Mandiri memiliki ombak yang cukup tinggi.

Selain berenang, ada banyak kegiatan seru lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Mandiri, seperti:

  • Surfing

Dengan ombaknya yang tinggi, Pantai Mandiri sangat cocok dijadikan sebagai arena olahraga selancar. Tak heran ketika berkunjung ke sini, kamu akan menjumpai beberapa wisatawan yang melakukan olahraga selancar ini.

Menariknya, para peselancar di sini juga bisa bermalam di pantai ini. Nama kegiatan camping ini adalah surf camps. Pihak pengelola pantai telah menyediakan tempat tinggal khusus untuk peselancar selama berada di Pantai Mandiri.

  • Menikmati sunset dan sunrise

Ingin menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam langsung dari atas Samudra Hindia? Pantai Mandiri adalah pilihan yang tepat. Pemandangan sunset dan sunrise di pantai ini tentunya berbeda dari pantai lain dan bisa menimbulkan kesan tersendiri.

  • Staycation

Staycation di pantai tentunya bisa menjadi wishlist yang sangat worth it. Kamu bisa merasakan bermalam di penginapan dengan dimanjakan pemandangan laut yang menawan. Tenang saja, Pantai Mandiri bisa menjadi alternatif cerdas untuk staycation.

Di sekitar area pantai terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu booking. Kegiatan menginap ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menikmati sunset dan sunrise dalam satu waktu.

4. Tanjung Setia Beach

Tanjung Setia Beach, Pesisir Barat (foto: instagram.com/robbysatya/)
LokasiJl. Bengkunat – Krui, Tj. Setia, Kec. Pesisir Sel., Kabupaten Pesisir Barat, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp8.000/orang
Rating objek wisata4,5/5.0 – 197 ulasan Google

Tak seperti Pantai Matahari yang memiliki pasir hitam, Pantai Tanjung Setia memiliki pasir berwarna putih bersih. Pemandangan di pantai ini sangat indah. Terlebih pasir putihnya yang berpadu dengan air laut dengan gradasi warna yang sangat cantik membuat pemandangannya semakin memukau.

Tanjung Setia Beach juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga bisa menjadi spot terbaik untuk berselancar. Tak hanya peselancar lokal, kamu bisa menjumpai banyak peselancar dari luar negeri yang melakukan hobi berselancarnya di pantai ini. Setidaknya, terdapat tiga spot terbaik untuk olahraga selancar, yaitu:

  • Way Jambu

Way Jambu juga sering disebut dengan istilah Pipeline. Para nelayan di sini juga memiliki sebutan lain yaitu Setan Sejati. Ombak di spot ini sangat mendukung untuk melakukan kegiatan surfing.

  • Jimmy

Jimmy bisa menjadi lokasi selancar untuk pemula atau yang ingin berselancar dengan santai karena ombak di sini tidak terlalu tinggi.

  • Karang Nimbor

Karang Nimbor atau Ujung Bocor merupakan spot yang memiliki ombak tertinggi. Tak heran, kamu akan menemui banyak peselancar profesional di tempat ini.

Kalau kamu tidak jago surfing, tak perlu khawatir. Masih ada aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti snorkeling, voli pantai, atau sekadar menikmati keindahan pemandangan pantai bersama pengunjung lain.

5. Pantai Tembakak

Pantai Tembakak, Pesisir Barat (foto: instagram.com/abadiinsan/)
LokasiJl. Lintas Barat Sumatera, Way Sindi Utara, Kec. Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating objek wisata4,4/5.0 – 223 ulasan Google

Pantai Tembakak dikenal memiliki keunikannya tersendiri, yaitu mempunyai batu karang yang memiliki bentuk dan warna yang sangat khas. Keunikan inilah yang membedakannya dengan pantai-pantai lain. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Meski begitu, pasirnya cukup bersih sehingga pengunjung bisa bermain pasir. Tentunya, anak-anak pasti akan suka jika diajak ke sini.

Lalu, hal menarik apa saja, sih, yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Tembakak ini? Simak informasi berikut ini, yuk!

  • Berenang

Selain bermain pasir, berenang sepertinya menjadi satu hal wajib yang dilakukan saat berlibur ke pantai. Nah, Pantai Tembakak ini bisa menjadi alternatif tempat berenang yang aman. Sebab, berbeda dari pantai-pantai di pesisir barat Lampung, ombak di sini cenderung lebih tenang dan tidak berbahaya.

  • Wisata kuliner dan berburu oleh-oleh

Pantai Tembakan juga bisa menjadi alternatif destinasi untuk berwisata kuliner dan berburu suvenir. Di sekitar pantai terdapat warung makan yang menjual aneka hidangan khas Lampung dengan harga terjangkau. Mulai dari makanan tradisional hingga modern, semuanya ada.

Kalau ingin membeli cinderamata untuk orang-orang tersayang, kamu bisa membelinya juga di sini. Salah satu yang menjadi favorit di kalangan wisatawan adalah oleh-oleh berupa kaos yang bertemakan Pantai Tembakak, entah itu tulisan atau gambar.

  • Staycation

Staycation di daerah pantai tentu bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Nah, di Pantai Tembakak, kamu bisa mewujudkannya. Ada banyak penginapan yang ada di sini. Dengan bermalam, kamu bisa menikmati pemandangan laut pada malam hari dan dilanjutkan dengan menikmati sunrise di keesokan harinya.

6. Wisata Goa Matu

Wisata Goa Matu, Pesisir Barat Lampung (foto: instagram.com/it.s_me_astutii16/)
LokasiJl. Lintas Barat Sumatera, Way Sindi, Kec. Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating objek wisata4,9/5.0 – 37 ulasan Google

Tak hanya pantai, pesisir barat Lampung juga memiliki destinasi wisata alam lain yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Wisata Goa Matu. Gua ini biasa dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Konon, di balik eksotisme Goa Matu, di dalamnya terdapat 12 kerajaan gaib. Cerita mistis ini sudah dipercaya oleh masyarakat setempat secara turun temurun.

Begitu memasuki pintu gerbang, kamu akan disambut dengan suasana hutan yang sangat tenang. Sayup-sayup suara binatang khas daerah ini juga akan terdengar. Saat berkunjung ke sini, kamu akan ditemani oleh juru kunci yang akan memandu perjalanan menyusuri gua. Tak ada tarif khusus untuk juru kunci ini, kamu bisa memberi uang seikhlasnya kepada mereka.

Pantas saja jika gua ini memiliki aura mistis yang sangat kuat. Sebab, nama Matu sendiri diketahui merupakan sebutan untuk makhluk gaib penguasa laut. Matu ini seperti sosok terkenal Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa Laut Selatan yang dipercaya oleh masyarakat Jawa.

Menurut cerita, Nyi Roro Kidul pun sering datang ke sini. Tanda-tanda jika ia sedang berada di sini adalah ketika air laut pasang. Konon, hal ini dikarenakan Nyi Roro Kidul datang menggunakan kereta kencananya.

Lokasi Goa Matu sendiri berada di bawah tebing yang langsung menghadap ke laut. Untuk sampai ke mulut gua, setidaknya pengunjung harus melewati 299 anak tangga yang berkelok dan menurun. Saat menuruni anak tangga ini, diharapkan berhati-hati karena medannya cukup sulit. Sepanjang perjalanan menuju mulut gua, aroma kotoran kelelawar sangat tercium. Namun, hal itu dibayar dengan suara deburan ombak Samudra Hindia yang sangat menenangkan.

7. Batu Guri

Batu Guri, Pesisir Barat (foto: instagram.com/lampungtok/)
LokasiPesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM) 
Rating objek wisata4,8/5.0 – 21 ulasan Google

Batu Guri sejatinya adalah batu karang yang menjulang tinggi dan berukuran besar. Uniknya, bagian ujung dari batu ini ditumbuhi oleh pepohonan. Di sebelah Batu Guri terdapat sebuah kapal karam yang semakin menambah keeksotisan tempat ini. Tentunya, pemandangan semacam ini bisa menjadi spot foto yang sangat menarik, bukan?

Tempat ini sendiri terletak di sebelah timur laut, tepatnya di desa Pekon Labuhan, Pulau Pisang. Rutenya bisa dimulai dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Setelah itu, lanjutkan ke arang Bengkunat – Krui – Dermaga Tembakak. Setelahnya, kamu harus melakukan penyeberangan menuju ke Pulau Pisang. Setelah sampai di Pulau Pisang, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 15–20 menit melewati Pekon Labuhan.

Perjalanan ini memang cukup panjang. Namun, di perjalanan menuju lokasi, kamu bisa menikmati pemandangan deretan rumah adat Lampung dan pohon kelor dan berderet rapi. Setelah itu, kamu akan sampai di pesisir pantai dan pemandangan Batu Guri sangat terlihat dengan jelas.

Batu Karang Guri sendiri merupakan rumah bagi spesies burung laut berwarna putih atau sejenis kuntul laut. Burung ini biasanya menampakkan dirinya sebelum matahari terbit untuk mencari makan dan ketika matahari terbenam saat mereka kembali pulang. Tak hanya burung, di lokasi ini, kamu juga bisa menjumpai sekelompok penyu yang berpencar di sepanjang pantai.

Demikianlah informasi seputar rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di pesisir barat Lampung. Rata-rata destinasi di sini adalah wisata alam. Tentunya sangat cocok bagi kamu yang ingin menyatu dengan alam lewat ciptaan Tuhan yang sangat memukau. Keindahan pemandangan yang dimilikinya tentu bisa menjadi obat tersendiri, terutama jika kamu sedang mengalami stres atau penat akibat aktivitas sehari-hari yang melelahkan.

0 Shares:
You May Also Like